Tugas 10 Pemrograman Web (PDF Export)

Nama : Kevin Nathanael Halim

NRP : 5025211140

Kelas : Pemrograman Web A

Tahun Ajaran : 2022/2023 (Semester Genap)


Link Github Repository https://github.com/ZetsuX/php-pdf-export


Penjelasan : 

    Tugas kesepuluh dari mata kuliah Pemrograman Web untuk melanjutkan tugas kesembilan dengan menambahkan button dan juga fitur untuk export data ke dalam PDF. Terdiri dari 3 halaman yakni utama yakni index.php yang berfungsi menampilkan seluruh data siswa, form_simpan.php yang merupakan form untuk menyimpan data, dan form_ubah.php yang merupakan form untuk mengganti data. Sementara itu terdapat 3 file proses yakni proses_simpan.php untuk memproses penyimpanan data, proses_ubah.php untuk memproses pengubahan data, dan proses_hapus.php untuk memproses penghapusan data. Lalu, terdapat folder images yang menjadi tempat menyimpan gambar-gambar. Terakhir, ada file konfig.php yang menyimpan konfigurasi dan menghubungkan ke database.

    Untuk tambahan guna mengakomodasi fitur export to PDF, saya menggunakan FPDF yang ditaruh di file fpdf.php. Kemudian saya menambahkan file export.php untuk menyimpan logic pembuatan pdf dan pengambilan data siswa yang ada. Terakhir, saya menambahkan button pada halaman index.php yang mengarah ke export.php. Selain itu, ada folder css yang menyimpan styling untuk pdf dan juga folder font yang menyimpan font-font yang dapat digunakan untuk pdf.

    Untuk styling sendiri, saya menggunakan Bootstrap dengan CDN untuk memperbagus tampilan dari website tersebut. Kemudian untuk database, saya menambahkan property auto-increment pada atribut id dari script yang disediakan.


Dokumentasi :











Comments

Popular posts from this blog

EAS Pemrograman Web

Tugas 8 Pemrograman Web (Silaturahmi Online)